Kelebihan dan kebanggaan menjadi Anak MAN Jember 1

Anak MAN Jember 1 anak-anak yang penuh bakat & minat terutama dalam hal agama.Mereka senang mengaji,berdakwah,
bersedekah,belajar,menghormati guru,dan hal-hal positif lainnya.Maka dari itu,saya bangga menjadi murid MAN Jmber 1.
Meskipun peraturannya ketat,tapi itu semua demi kebaikan muridnya.Ada satu bakat unik yang hanya ada di MAN Jmber 1.
Bakatnya yaitu bermain sulap.Bermain sulap? Itu opini orang tentang sulap.Kebanyakan mereka yang ahli sulap belajar otodidak,diajari orang,dan bahkan ada yg belajar lewat internet.Penasaran?Yuk,kita ikuti ulasan tentang sulap berikut ini supaya gak penasaran!Berikut nama sedikit pesulap yang penulis banggakan karena prestasinya luar biasa banget:
1.Pesulap ini adalah juara 1 season 1
sehingga ia dijuluki Master of Number.
Dia selalu menggunakan permainan
angka di setiap pertunjukannya.Coba
dia jadi guru matematika di sekolahku?
Go…go…go….Joe Sandy,my sensei!
2.Pesulap ini adalah juara 1 season 2 sehingga
ia dijuluki Master of fakir.Sejak kecil,dia
selalu main sulap fakir demi memenuhi
kebutuhan hidupnya.Hidup Limbad!(-:

3.Pesulap ini juara 3 season 3 sehingga
dijuluki Princess of Magic.Sebenarnya dia
berbakat,tapi jujur aku mesti ngrasa ilfil &
nggak menyukai penampilannya.Sorry,Rizu!
4.Wah…wah….!Ini dia fakir flamboyan pertama di
Indonesia yang aku idolakan.Sayang sekali,ya mas
Cosmo!Dia harus kalah melawan Rizuki.Coba
kalau aku ikut The Master Season 5!Derajat Mas
Cosmo akan kuangkat karena aku juga fakir!
5.Ini juara The Master Junior Season 1.Kecil-kecil
cabe rawit,itu julukan yang tepat untuk Leon.Mas
Herichan mana?Disuruh beli permen kok sampai
Sekarang belum balik ke Jember!
6.Ini adalah kakekku yang lama tak jumpa.Master of
Tradisional Magic,julukannya!Kehebatannya tak
Ada duanya.Simsalabim….Mbah Tarno itu hebat!
7.Ini adalah idolaku yang paling keren.Ia Abu Marlo,
rocker magician julukannya!Kalau dilihat-lihat,dia
persis Patrick Snow (magician Jember beraliran
fakir fear factor).Dia rocker,keren,dan macho abis!
8.’’Jangan tatap mata saya!Nanti bisa masuk dunia
gendeng’’Itu sepenggal kata-kata Bayu Gendeng
yang khas.Penulis betul-betul gendeng lihat
aksinya yang berbahaya.Sungguh terlalu!
9.Duo magician yang aneh ini juga idolaku.Tingkah
lakunya yang lucu & menggemaskan membuat
daku terlena karena kekompakannya.Ini dia Duo
Dibor yang mempesona lewat sulapnya.
10.Magician ini betul-betul perfect.Baik dari sulap,
wajah,penampilan,dan segalanya betul-betul oke.
Richard Rain,kamu so fantastis banget!(-:





Yang penting diperhatikan dalam sulap :
1.Jangan mengulang sulap 2 kali.
   Ini penting, karena korban biasanya menjadi penasaran dan semakin memperhatikan gerak gerik kita, terutama tangan. Jadi dia akan lebih mudah mencari triknya. Sulap bisa kebongkar, berbahaya. Biasanya korba
2.Lakukan jika benar-benar siap.
   Ini penting sekali, karena kalau kamu tidak siap, dan agak mikir sebentar, maka korban akan bisa melihat kelemahan kamu. Apalagi misalnya korban adalah tipe yang rese. Latihan-latihan dan terus latihan sebelum kamu akan mempertunjukan sulap.
3.Alat bantu sulap yang bisa terbongkar.
   Misalnya kamu menggunakan alat bantu sulap, harap diperhatikan baik-baik, jangan sampai rahasianya terbongkar. Apalagi misalnya kita sudah mempertunjukkan suatu sulap, terus korban ingin melihat kartu/alat sulap yang kita gunakan tadi. Harus pinter-pinter spik cari alesan, atau cepat-cepat nukar dengan kartu yang normal.
Jenis-jenis pertunjukan sulap:
1.Stage Illusion
   Di sini pesulap tampil di depan penonton dalam jumlah banyak dan dilakukan di dalam ruangan atau panggung yang sangat besar.Tipe sulap ini biasanya menggunakan property-properti besar,hewan-hewan yang tidak biasa seperti harimau atau gajah serta menggunakan bantuan asisten dan model.Pesulap tipe ini yang sangat terkenal adalah David Copperfield
2.Platform Magic [biasa juga disebut Cabaret Magic atau Stand-up Magic]
   Berbeda dengan yang pertama, platform magic adalah sebuah pertunjukan sulap yang biasanya diadakan di hadapan penonton yang jumlahnya tidak terlalu besar seperti di club atau cafĂ©.Properti yang digunakan cukup simple seperti koin, kartu, tali, atau kain.Kalaupun menggunakan binatang biasanya pesulap menggunkan binatang kecil semacam merpati atau kelinci
3.Micro Magic [biasa juga disebut Close up Magic atau Table Magic]
    Di pertunjukan sulap ini jarak antara pesulap dan penonton sangat dekat. Seringnya justru malah penonton diajak turut serta memainkan sulap berhadapan dengan sang pesulap di sebuah meja. Propertiyang digunakan sangat sederhana seperti kartu atau koin. Dedy Corbuzier menampilkan tipe pertunjukan seperti ini dengan mengajak VJ Marissa di acara final the Master sesi 2 kemarin.Pesulap Indonesia yang juga sering menggunakan model ini adalah Damian. Hanya saja Damian lebih sering mempertunjukan Street Magic [tipe ini ada di urutan selanjutnya, harap sabar ^_^]
4.Theatrical Seanches
   Tipe pertunjukan ini sangat kental suasana mistisnya. Di sini seolah-seolah pesulap berhubungan dengan arwah orang yang sudah meninggal dan setelah itu sang pesulap menjadi bisa melakukan sesuatu yang luar biasa.
5.Children Magic
   Pertunjukan sulap yang ditujukan untuk anak-anak sebagai penontonnya.
6.Street Magic
   Sulap yang dilakukan tidak di atas panggung dan menggunakan orang yang ditemui sang pesulap sebagai sukarelawan secara acak dalam pertunjukannya. Tempat sulap ini misalnya di jalan atau taman atau tempat-tempat lain. Istilah Street Magic dipolerkan oleh David Blaine lewat acaranya yang ber-tajuk Street Magic itu. Di Indonesia juga ada pesulap Street Magic yaitu Damian. Street Magic murni digunakan untuk konsumsi TV dengan target menangkap kekaguman para sukraelawan yang diajak secara tiba-tiba itu
7.Corporate Magic
   Pertunjukan sulap yang dipesan untuk mengiklankan sesuatu. Lagi-lagi Dedy Corbuzier adalah contohnya. Di pertunjukan sulapnya di acara the Master dia selalu sambil mengiklankan produk oli sponsor acara itu.
Kesimpulan
  Sekalipun ada beberapa aliran sulap dan mungkin masih belum tertampil di atas akan tetapi para pesulap terkadang tidak terlalu saklek pada aliran yang dia ikuti. Memang Dedy Corbuzier tampak mengkhusukan diri sebagai mentalist meskipun pada awal kemunculannya dia juga menunjukan kesan seolah dia juga penganut Bizare Magic dengan kemampuan membengkokkan sendok hanya dengan di tatap. Limbad yang juga tampak mengkhusukan diri di Fakir Magic juga di pertunjukan Final The Master 2 berubah menjadi escapologist saat beraksi membebaskan diri dari rantai.
Pertanyaan yang belum saia temukan jawabannya apakah hipnotis seperti yang dilakukan Romy Rafael juga termasuk sulap? Karena seperti yang kita lihat hipnotis yang dia lakukan kadang seolah Cuma acting saja dan cenderung itu-itu saja.
Sejarah singkat sulap
Abrakadabra!!!!
   Siapa yang ga kenal dan akrab dengan mantra umum ini? Dimana mana kita sering mendengar mantra ini diucapkan. Di pesta ulang tahun, film kartun, badut0badut, sirkus… Yup! Sebelum Harry Potter lahir pun kita sudah mengenal mantra ini, berikut sedikit ulasan tentang all about magic..
Sejarah Sulap, kapan diciptakan??
Dahulu pada jaman batu, menciptakan api dianggap sebagai sulap. Namun sulap yang dimaksud di sini adalah sulap sebagai bentuk seni pertunjukan.
Ada bukti dokumen tertua yang ditulis sekitar tahun 1700 SM pada lembaran papyrus menceritakan suatu pertunjukan sulap ditemukan. Deddy, seorang pesulap Mesir dipanggil untuk menghibur Raja Cheops. Salah satu dari trik yang ditunjukannya adalah memotong kepala seekor hewan dan mengembalikannya dalam keadaan hidup tanpa terluka sama sekali. Oleh sang Raja, Deddy diminta untuk mengulang triknya dengan menggunakan narapidana. Deddy menolaknya dan membuat Raja kecewa, namun ia mengulang kembali trik tersebut dengan menggunakan seekor sapi jantan.
Waktu terus bergulir, tidak banyak catatan sejarah yang membicarakan tentang trik sulap pada jaman dahulu. Namun trik Cups and balls adalah salah satu trik sulap yang tertua. Egyptologis menyatakan bahwa ada catatan lukisan di sebuah dinding kuburan Mesir Tua di Beni Hasan yang berumur antara 2500-2200 tahun sebelum Masehi. Lukisan tersebut menggambarkan dua orang yang sedang bermain dengan empat buah cangkir. Cups and balls merupakan trik yang sangat tua dan masih popular hingga saat ini.
Sejak abad ke-18 sulap menjadi suatu bentuk pertunjukan yang sangat populer. Isaac Fawkes (1675-1731) merupakan seseorang yang mempopulerkan sulap di Inggris. Salah satu dari kehebatannya adalah trik pohon apel yang tumbuh, mekar & menghasilkan buah hanya dalam waktu kurang dari satu menit. Dia menjadi sangat terkenal dan menjadi kaya raya hingga kematiannya.
Giuseppe Pinetti (1750 -1800), lahir di Itali, merupakan sosok lain yang juga penting dalam sejarah sulap. Begitu tenarnya hingga ia sering diminta tampil untuk keluarga kerajaan. Namun pada tahun 1783, saat ia sedang mengadakan pertunjukan di Paris, Henri Decremps, seorang ahli hukum yang juga seorang pesulap amatir, membongkar metode sulap Pinetti dalam sebuah buku. Ironisnya hal tersebut justru menjadikan Pinetti makin tenar, bahkan lebih tenar dari sebelumnya. Pada tahun 1784, ia mengadakan pertunjukan di Haymarket Theatre, London, suatu event yang sangat penting karena merupakan awal perpindahan dari seni sulap jalanan dan Festival Pekan Raya menjadi pertunjukan teater. Hal tersebut menjadi inspirasi bagi pesulap generasi berikutnya.
John Henry Anderson (1814 -1874) adalah pesulap dari Skotlandia, yang sering disebut sebagai The Wizard of the North. Dia sukses menembus Eropa, Amerika dan Australia. Bahkan lebih dahulu dari Harry Houdini, pesulap yang paling terkenal dalam publikasi. Anderson dikenal dengan alat-alatnya yang sangat besar & terbuat dari perak solid. Dia sempat menjadi kaya, namun akhirnya kehilangan semua kekayaan setelah teater tempat ia melakukan pertunjukan habis terbakar dan menjadikan ia bangkrut.Sejak saat itu masyarakat mengenal sulap sebagai suatu bentuk seni pertunjukan. Kepopuleran dunia sulap berlanjut hingga ke abad berikutnya. Bahkan banyak bermunculan pesulap-pesulap hebat. Pada masa tersebut belum ada pertunjukan televisi. Sulap merupakan salah satu bentuk pertunjukan live yang sangat populer dan membangkitkan antusias masyarakat dimanapun mereka mengadakan pertunjukan.
Sekolah Sulap di Indonesia, wow!
Walau sulap sudah populer di Indonesia sejak tahun 1950-an, namun tidak ada pesulap Indonesia yang namanya tersohor & menonjol. Kebanyakan dari mereka adalah hanya pesulap untuk acara-acara ulang tahun. Pada saat itu nama Harry Houdini sempat terdengar sampai tanah air. Kemudian pada tahun 1990-an, David Copperfield, pesulap asal Amerika lah yang mendominasi dunia dengan pertunjukan sulap yang spektakuler. Ia juga sempat datang ke Indonesia beberapa kali & mengadakan pertunjukan.
Setelah itulah, banyak bermunculan pesulap-pesulap Indonesia yang mulai terjun secara profesional. Di antaranya adalah: Deddy Corbuzier, Adri Manan, Dwi Montero dst. Kemudian disusul dengan generasi-generasi baru seperti Alford, Oge, dst.Siapa tertarik?
ini profesi yang langka lhooo.. wkwkwkwkkw.






  












Komentar

Postingan Populer